Senin, 06 Agustus 2018

Akhir seperti apa....?

Dalam sebuah drama, biasanya cerita berakhir dalam dua macam keadaan, sad ending (akhir yang sedih) atau  happy ending (akhir yang bahagia).

Sebuah kisah yang berakhir bahagia, adalah akhir yang diidamkan oleh banyak orang, karena kenyataan sesuai dengan yang diharapkan, apa yang ditunggu tak menjadi sia-sia. Hal ini memang memberikan banyak  kegembiraan namun terkadang mudah untuk dilupakan begitu saja.

Saat suatu kisah  berakhir sad ending yang penuh derita, mungkin itu banyak mengecewakan. Menjatuhkan harapan saat asa kita sudah diatas awan.  Namun setelah kita bisa menangis sejadi-jadinya. Menumpahkan segala kekecewaan lewat air mata lalu kita akan merasa lega.

Alih-alih menyukai kisah yang happy ending, saya lebih menyukai kisah yang berakhir sad ending. Karena terkadang sebuah cerita tak selalu berakhir sedih atau bahagia saja  Ada juga kisah yang berakhir tanpa arah yang jelas, diam, stuck begitu saja pada satu titik tanpa ada kejelasan akan mengalir kehulu apa ke hilir.

Meskipun kisah itu berakhir menderita, tapi setidaknya kita bisa merasa lega, karena tau dimana kita berada. Walaupun derita itu membuat luka kita bisa menjahit kembali luka yang ada. Berbeda dengan kisah yang memiliki arah yang tidak jelas, membingungkan, penuh tekanan, menurut saya ini lebih dari sekedar membuat terluka. Luka tak kasat mata.  Ini lebih buruk dari derita. 



_Ini hanya untuk drama, kisah hidupku kuharap berakhir bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar